MATEMATIKA BAB 2 KALIMAT MATEMATIKA KELAS 3 SD


 

1. Konsep Dasar

A. Kalimat Matematika (Operasi Hitung)

  • Penjumlahan (+) → "Ditambah", "Jumlahkan", "Total"
    Contoh:

    "Ibu membeli 35 apel dan 27 jeruk. Berapa total buah yang dibeli ibu?"
    35 + 27 = 62

  • Pengurangan (–) → "Kurang", "Sisanya", "Selisih"
    Contoh:

    "Rani punya 80 permen. Ia memberi adik 45 permen. Berapa sisa permen Rani?"
    80 – 45 = 35

B. Kata Kunci dalam Soal Cerita

PenjumlahanPengurangan
TotalSisa
SemuaKurang
GabungkanSelisih
TambahBerapa lebihnya

2. Aktivitas Pembelajaran Interaktif

A. Permainan "Toko Matematika"

  • Alat: Uang mainan, barang tiruan (buah/buku), label harga (contoh: Apel = 120 koin).

  • Langkah:

    1. Siswa berperan sebagai pembeli dan penjual.

    2. Hitung total belanja (penjumlahan) atau kembalian (pengurangan).

    Contoh soal:
    "Kamu membeli 2 buku (250 + 250). Berapa totalnya?"

B. Puzzle Kalimat Matematika

  • Potong kertas berisi soal cerita dan jawaban. Siswa mencocokkan pasangannya.
    Contoh:

    "Ada 150 burung, 50 terbang. Sisa burung?" ↔ 150 – 50 = 100


3. Media Pembelajaran

A. Kartu Ajaib "Temukan Jawabannya!"

  • Kartu bergambar dengan soal di depan dan jawaban di belakang (gunakan kertas warna-warni).
    Contoh:
    Depan: "Kelas 3A ada 28 siswa, kelas 3B ada 25. Berapa jumlah siswa?"
    Belakang28 + 25 = 53

B. Video Animasi

  • Tonton video pendek (contoh: YouTube "Kisah Petualangan Penjumlahan dan Pengurangan").


4. Lembar Kerja Siswa (LKS)

Nama: ______________
A. Hitunglah!

  1. 120 + 80 = _____

  2. 500 – 150 = _____

B. Soal Cerita

  1. Di kebun ada 65 bunga mawar dan 40 bunga melati. Berapa total bunga?
    Jawab: _______ + _______ = _______

  2. Toko memiliki 200 permen. Terjual 75. Berapa sisa permen?
    Jawab: _______ – _______ = _______

C. Tebak Kata Kunci!

  1. "Kakak memiliki 30 kelereng, adik memiliki 15 kelereng. Berapa jumlah kelereng mereka?" → Kata kunci: _________ (jawab: jumlah)


5. Evaluasi Kreatif

A. Proyek "Buat Ceritamu Sendiri"

  • Siswa menulis soal cerita penjumlahan/pengurangan berdasarkan gambar yang diberikan (contoh: gambar es krim, bola, dll.).

B. Kuis "Cepat Tepat!"

Guru membacakan soal cerita, siswa menulis jawaban di papan kecil. Contoh:

"Ayah memetik 60 mangga dan 35 jeruk. Berapa total buah?" 


6. Sumber Belajar 

YOUTUBE MATEMATIKA BAB 2 KALIMAT MATEMATIKA KELAS 3 SD

PPT MATEMATIKA BAB 2 KALIMAT MATEMATIKA KELAS 3 SD 


LKPD MATEMATIKA BAB 2 KALIMAT MATEMATIKA KELAS 3 SD

Komentar

Postingan populer dari blog ini

IPAS BAB 1 MARI KENALI HEWAN DI SEKITAR KITA KELAS 3 SD

PENDIDIKAN PANCASILA BAB 1 AKU ANAK INDONESIA KELAS 3 SD

MATEMATIKA BAB 1 BILANGAN CACAH SAMPAI 1.000 KELAS 3 SD