MATEMATIKA BAB 1 BILANGAN CACAH SAMPAI 1.000 KELAS 3 SD
A. Pengertian Bilangan Cacah
Bilangan cacah adalah bilangan bulat yang dimulai dari 0, 1, 2, 3, ..., sampai 1.000.
Contoh: 0, 25, 100, 999, 1.000.
Contoh Visual:
0 (nol) → 🚫 100 (seratus) → 💯 1.000 (seribu) → ✨
B. Nilai Tempat (Satuan, Puluhan, Ratusan)
Bilangan | Ratusan | Puluhan | Satuan |
---|---|---|---|
125 | 1 | 2 | 5 |
340 | 3 | 4 | 0 |
908 | 9 | 0 | 8 |
Aktivitas:
Tulis nilai tempat dari bilangan: 256, 701, 990.
Gambar blok dienes (🟫 = ratusan, 🟦 = puluhan, ⬛ = satuan) untuk bilangan 430.
C. Membaca dan Menulis Bilangan
Aturan:
Ratusan: baca angka ratusan + "ratus".
Puluhan/Satuan: baca seperti bilangan 1–99.
Contoh:
305 → "tiga ratus lima"
470 → "empat ratus tujuh puluh"
Latihan:
Tulis dalam huruf:
618 → ________________
850 → ________________
Tulis dalam angka:
"sembilan ratus sembilan" → ____
D. Membandingkan dan Mengurutkan Bilangan
Simbol Perbandingan:
> (lebih besar), < (lebih kecil), = (sama dengan).
Contoh:
450 > 325
600 < 720
Aktivitas:
Urutkan dari terkecil: 230, 150, 990 → _______________
Bandingkan: 808 ⬜ 880 (isi dengan >, <, atau =)
E. Operasi Hitung Dasar
1. Penjumlahan dan Pengurangan
Contoh:
250 + 130 = 380
500 – 270 = 230
Latihan:
340 + 290 = ____
670 – 180 = ____
2. Perkalian dan Pembagian
Contoh:
12 × 10 = 120
900 : 30 = 30
Latihan:
15 × 20 = ____
600 : 50 = ____
F. Aplikasi dalam Kehidupan
Contoh Soal Cerita:
Ibu membeli 350 gram gula dan 200 gram tepung. Berapa total berat belanjaan?
Ada 900 siswa dibagi ke 9 kelas. Berapa siswa per kelas?
G. Evaluasi
Soal Pilihan Ganda:
Nilai tempat 7 pada bilangan 875 adalah...
a. Satuan b. Puluhan c. RatusanHasil dari 420 + 390 adalah...
a. 710 b. 810 c. 910
Soal Esai:
Urutkan dari terbesar: 450, 600, 320!
Sebuah toko punya 750 permen, dijual 300. Berapa sisa permen?
Komentar
Posting Komentar